Senin, 03 Juni 2013

Aplikasi Nilai Sederhana


Berikut ini, kita akan belajar membuat sebuah aplikasi nilai sederhana berbasis mobiledengan menggunakan java. Yang kita perlukan adalah Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC atau bisa gunakan yang lainnya. Untuk menginstallnya, kita harusinstall dulu jdk, dan Notepad ++ (keduanya juga kita perlukan dalam setiap pembuatan aplikasi mobile menggunakan Java).


Langkah – Langkah yang kita lakukan : 
1. Kita jalankan dulu Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC. Setelah itu, klik New Project, di ProjectName kita ketikkan nama project kita, misalnya AplikasiNilai,
di MIDlet Class Name ketikkan tulisan yang sama, Lalu klik Create Project.
 

                                Gambar 1. saat pembuatan project baru  

Selanjutnya akan muncul kotak dialog setting, kita klik OK saja. Setelah itu akan tampil tulisan



Creating project “AplikasiNilai” Place Java source files in “ C:\MyDocuments\Java\j2mewtk\252\apps\AplikasiNilai\src” Ket: Disinilah tempat kita menyimpan source atau koding program yang kita buat yaitu pada direktori SRC Place Aplication resource files in “ C:\MyDocuments\Java\j2mewtk\252\apps\AplikasiNilai\res” Ket: Disinilah tempat kita menyimpan file gambar atau animasi yang kita buat yaitu pada direktori RESPlace Aplication library files in “ C:\MyDocuments\Java\j2mewtk\252\apps\AplikasiNilai\lib”Ket: Disinilah tempat kita menyimpan file fungsi yang kita buat yaitu pada direktori LIB



Kita beralih ke Notepad++. 
2. Kita buka notepad++, ketikkan source code berikut:
Simpan program tersebut pada direktori src seperti di atas dengan nama Aplikasi Nilai.java (nama file harus sama dengan nama kelas pada saat kita membuatnew project). Selanjutnya Kita kembali lagi ke Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC.



3. Di sini, kita klik Build untuk mengetahui apakah program yang kita buat sudah benar atau belum. Jika masih terdapat kesalahan maka perhatikan kesalahannya pada baris kesalahan dan lokasi kesalahan yang ditunjukan pada layar konsul. Perbaiki kesalahan program tersebut hingga selesai simpan dan ulangi Build kembali. Setelah proses buildselesai jika tidak terdapat kesalahan, klik Run. Kita bisa coba jalankan aplikasi buatan kita.  

Gambar 2. tampilan saat program dijalankan(kiri: Tampilan form input yang sudah diisikan data, kanan: Tampilan output)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar